Monday, February 28, 2022

Latihan Soal Materi Cerpen Beserta Pembahasannya

 Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!


1 Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk …
A. bait
B. baris
C. dialog
D. prosa
E. nonfiksi

2 Salah satu hal yang membedakan cerpen dan puisi adalah …
A. Adanya alur
B. Adanya tema
C. Adanya amanat
D. Adanya imajinasi
E. Adanya gaya bahasa

3 Pernyataa di bawah ini yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah ….
A. Novel tidak ada konflik sedangkan cerpen ada konflik


B. Novel tidak berbentuk prosa sedangkan cerpen berbentuk prosa
C. Novel bercerita tentang seorang tokoh sedang cerpen bercerita tentang pengalaman hidup
D. Cerpen bercerita tidak sampai menimbulkan perubahan nasib, sementara novel sebaliknya
E. Cerpen dan novel masing-masing mempunyai tema

4 Salah satu unsur Instrinsik cerpen adalah …
A. Klimaks
B. Latar/Setting
C. Sajak
D. Typografi
E. Suspens

5 Salah satu unsur Ekstrinsik cerpen adalah
A. Gaya penyampaian cerita
B. Penokohan
C. Latar Budaya Pengarang
D. Tanggapan pembaca
E. Tampilan ilustrasi cerpen

6 Yang bukan termasuk puisi lama adalah …
A. Karmina
B. Gurindam
C. Pantun
D. Myte
E. Syair

7 Sudan gaharu
cendana pula
sudah tahu
bertanya pula

Bait di atas adalah
A. pantun teka-teki
B. pantun berkait
C. syair
D. pantun kilat
E. peribahasa

8 Karya sastra lama yang berbentuk bait adalah …
A. Pantun
B. Fabel
C. Myte
D. Hikayat
E. Dongeng

9 Sajak pantun adalah …
A. aaaa
B. abcd-abcd
C. abab-bcbc
D. abc-abc
E. abab

“Hanya itu alasan Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko?” Bibir Anisa menyinggung sinis. “Oh, alangkah piciknya pikiran Mama! Lalu apa artinya kemuliaan hati Mama selama ini yang Anisa kagumi? Padahal dulu Mama tidak pernah mempermasalahkan status Handoko yang ternyata belum mempunyai pekerjaan tetap. Demikian kakakku yang selama ini mendukungku sekarang berbalik arah.

10 Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Anisa dan Handoko tidak jadi menikah.
B. Anisa dilarang menikah oleh Mama dan kakaknya.
C. Mama yang berpikiran picik terhadap Handoko.
D. Keinginan Mama agar Anisa hidup bahagia.
E. Kakak tidak mendukung pernikahan Anisa dengan Handoko.

11 Penyebab konflik pada kutipan cerpen di atas adalah …
A. Status Handoko yang sudah mempunyai istri.
B. Mama yang menginginkan menantu orang kaya.
C. Handoko yang belum mempunyai pekerjaan tetap.
D. Mama yang mempersalahkan masa lalu Handoko.
E. Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko.

Dua kegagalan yang lalu berakhir ketika aku diterima di jurusan bahasa Inggris. Kutekuni masa pendidikan tinggi dengan sepenuh hati. Kendala finansial mendorong ku untuk merambah dunia kerja disamping kuliah. Pucuk dicinta ulam tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku, datang kepadaku.
“Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios yang dijual. Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu. Lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica.


Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami mulai berbisnis pakaian. Tidak kusangka, usaha itu menuai hasil yang gemilang.

12 Tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah …
A. Ica
B. Bunda
C. Nanda
D. Seorang Siswa
E. Seorang penjual kios

13 Kata sepenuh hati dalam cerpen di atas bermakna …
A. Semangat
B. Percaya diri
C. Sungguh-sungguh
D. Ikhlas
E. Tabah

14 Kata finansial dalam cerpen di atas bermakna…
A. Modal
B. Sarana
C. Ilmu
D. Biaya
E. Buku

15 Amanat yang tidak sesuai dengan penggalan cerpen di atas adalah …
A. Janganlah takut pada kegagalan
B. Tekunlah dalam setiap pekerjaan, niscaya menuai hasilnya
C. Uang bukanlah penentu keberhasilan seseorang
D. Bekerjasamalah dengan baik dan jujur dalam melakukan sebuah pekerjaan
E. Berdoa adalah penentu kesuksesan seseorang

16 Elok rupanya pohon belimbing
Tumbuh dekat pohon mangga
Elok rupanya berbini sumbing
Biar marah tertawa juga

Berdasarkan jenisnya, pantun di atas termasuk pantun …
A. Anak-anak
B. Jenaka
C. Orang tua
D. Teka-teki
E. Nasihat

17 Menyapa tamu duduk dibangku,
hujan deras membuat badan sakit.
Apakah kamu bisa membantuku,
mengerjakan tugas yang sangat sulit.

Menyapa tamu duduk dibangku,
itu sangat baik sekali.
Kamu tidak perlu malu-malu,
aku akan bantu dengan senang hati.

Pantun berbalas tersebut berisi ….
A. Seorang siswa yang bodoh dan meminta bantuan temannya untuk mengerjakan PR.
B. Dua orang siswa yang bekerja sama saat mengerjakan ulangan.
C. Seorang pemalu yang suka membantu temannya
D. Seorang siswa yang dengan senang hati memberikan contekan kepada temannya.
E. Seseorang yang dengan senang hati membantu temannya yang mengalami kesulitan.

18 Tema pantun berbalas tersebut adalah ….
A. Saling menghargai sesama teman
B. Memanfaatkan kepintaran
C. Menjaga kekompakan
D. Melimpahkan tugas kepada teman
E. Saling menolong sesama teman

19 Ke pasar membeli buah manggis,
membeli manggis dengan mertua
Ibu ingin mempunyai anak gadis,
agar dapat membantu orang tua

Maksud dari pantun tersebut adalah ….
A. Seorang ibu ingin membeli manggis bersama mertuanya.
B. Ibu ingin sekali membeli manggis dengan anak gadisnya.
C. Ibu yang ingin memiliki anak gadis agar dapat membantu pekerjaannya.
D. Seorang ibu yang ingin dibelikan manggis oleh anak gadisnya.
E. Seorang gadis kelak akan menjadi seorang ibu

20 Ketika tubuhnya digerogoti penyakit dengan enteng orang miskin itu melenggang ke rumah sakit. Ia menyerahkan Kartu Tanda Miskim pada suster jaga. Karena banyak bangsal kosong, suster itu menyuruhnya menunggu di lorong.”begitulah enaknya jadi orang miskin,” batinnya,”dapat fasilitas gratis tidur di lantai.” Dan orang miskin itu dibiarkan menunggu berhari-hari.

Permasalahan pada kutipan cerpen di atas adalah …
A. Tubuhnya digerogoti penyakit
B. Buruknya pelayanan rumah sakit
C. Susahnya menjadi orang miskin
D. Banyak bangsal yang kosong
E. Tidak mendapat fasilitas gratis

21 Penggalan cerpen berikut untuk tiga butir soal di bawah ini!
Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda. “Kenang-kenangan” oleh Abdul Gani A.K.

Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah …
A. orang pertama pelaku utama
B. orang ketiga pelaku sampingan
C. orang ketiga pelaku utama
D. orang pertama dan ketiga
E. orang ketiga serbatahu

22 Watak tokoh “aku” dalam penggalan cerita tersebut adalah …
A. percaya diri
B. mudah menyesuaikan diri
C. sombong
D. rajin berusaha
E. mudah dipengaruhi

23 Amanat dalam penggalan cerpen tersebut adalah …
A. Jangan cepat menyerah pada keadaan bagaimanapun juga.
B. Jangan membuang waktu selagi masih ada waktu.
C. Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan.
D. Jangan lupa diri bila menguasai bahasa orang.
E. Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain.

24 1. Kompilkasi 4. Evaluasi
2. Orientasi 5. Koda
3. Abstrak 6. Resolusi

Urut-urutan struktur teks cerpen yang benar adalah…
A. 1,2,3,4,5,6
B. 2,6,5,4,3,1
C. 3,2,1,4,6,5
D. 4,5,6,3,2,1
E. 5,6,1,3,4,2

25 Bila ada yang bertanya , siapa makhluk paling kikir di kampung itu, tidak akan ada yang menyanggah bahwa perempuan ringkih yang punggungnya telah melengkung serupa sabut kelapa itulah jawabannya. Semula ia hanya dipanggil Banun. Namun, lantaran sifat kikirnya dari tahun ke tahun semakin mengakar; pada sebuah pergunjingan yang penuh kedengkian, seseorang menambahkan kata kikir di belakang nama ringkas itu, hingga ia ternobat sebagai Banun Kikir. Konon, hingga riwayat ini disiarkan, belum ada yang sanggup menumbangkan rekor kekikiran Banun. (buku paket hal 58)

Bagian struktur teks cerpen di atas adalah …
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Koda
D. Abstraks
E. Evaluasi

26 Pernyataan yang sesuai dengan teks cerpen di atas adalah …
A. Banun menobatkan diri sebagai orang kikir
B. Predikat Banun Kikir didasari kedengkian
C. Banun tidak pernah tahu rekor kikir itu
D. Banun tidaklah kikir tetapi hemat
E. Tidak ada yang pernah bertanya tentang Banun

27 Berdasar penggalan teks cerpen di atas, Banun adalah …
A. Gadis muda belia
B. Nenek tua
C. Lelaki Muda
D. Kakek tua
E. Remaja

28 Jika gelap orang berteman
Bukalah tingkap lebar lebar
Jikalau lenyap tukang pantun
sunyi senyap bandar yang besar

Pencitraan dalam pantun, imaji visual (melihat) terletak pada…
A. Isi
B. sampiran
C. baris 1
D. baris 3
E. bait

29 Imaji takti (merasakan) pada pantun di atas adalah …
A. Melihat orang datang
B. Melihat ke luar jendela
C. Merasakan sunyi senyap
D. Mendengar orang berpantun
E. Mendendangkan pantun

30 Pilihlah pernyataan di bawah ini yang kurang tepat
A. Diksi adalah pilihan kata
B. Rima adalah persamaan bunyi
C. Persajakan syair dan pantun adalah sama
D. Karmina adalah pantun kilat
E. Raja Ali Haji adalah tokoh Gurindam Dua Belas

31 (1) Khalil Gibran dilahirkan dalam lingkungan sebuah keluarga miskin pada 6 Desember 1883 di Bisharri, sebuah kota kecil di Libanon Utara yang terletak di kaki gunung yang dianggap suci, Pegunungan Cedar (Jabal al-arr). (2) Keluarga Gibran adalah penganut agama kristen Maronit, suatu mazhab yang bernaung dalam lingkungan gereja katolik Roma. (3) Ayahnya seorang yang gagah dan tegar, tetapi pencandu arak dan judi sehingga membuat keluarganya hidup dalam kesempitan. (4) Ibunya, Kamila Rahmi, anak seorang pendeta gereja Maronit, Istifan Rahmi. (5) Dari suaminya terdahulu, Ibu Gibran memperoleh satu anak, yaitu Boutros, sementara dari ayah Gibran ia memperoleh tiga anak, yaitu Gibran, Mariana, dan Sultana.

Penggalan Biografi di atas termasuk bagian …
A. Orientasi
B. Urutan peristiwa kehidupan tokoh
C. Reorientasi
D. Komplikasi
E. Pandangan penulis

32 Berdasarkan teks di atas, Biodata Gibran yang tidak tercantum adalah…
A. Nama
B. Tempat lahir
C. Pendidikan
D. Tanggal lahir
E. Identitas Orang tua

33 Nama saudara tiri Gibran adalah …
A. Boutros
B. Mariana
C. Sultana
D. Istifan
E. Kamila Rahmi

34 Kalimat yang terdapat pronomina (kata ganti) adalah kalimat …
A. 1,2
B. 1,3,4
C. 3,4,5
D. 4,5
E. 2,3,4

35 Khalil Gibran adalah salah satu tokoh dunia dalam bidang …
A. Politik
B. Teknologi
C. Sastra
D. Olah raga
E. Kesehatan

36 Selama enam bulan Lie di Semarang kemudian ke RS Rajawali, Bandung. Tahun 1988, Lie berkarir di RS Husada, Jakarta hingga saat ini. Kegiatan sosial pertama Lie sebagai seorang dokter bedah di Indonesia dilakukan saat mengoperasi secara cuma-cuma seorang pembantu rumah tangga tahun 1988. Selanjutnya, Lie juga terus mengupayakan bedah jantung terbuka (bedah di mana jantung dihentikan dari pekerjaannya untuk dibuka untuk diperbaiki). Bedah semacam ini melawan arus karena butuh peralatan yang lebih canggih dan mahal, namun harus dilakukan dalam operasi skala besar. Tahun 1992, Lie akhirnya sukses melangsungkan bedah jantung terbuka untuk pertama kalinya di rumah sakit swasta di Jakarta. http://kolom-biografi.blogspot.com/2014/09/biografi-dr-lie-darmawan-dokter-gila.html

Keteladanan yang dapat kita ambil dari penggalan teks biografi di atas adalah …
A. Tidak boleh gegabah dalam menangani orang sakit
B. Berani menanggung resiko
C. Berhati-hati dalam bekerja
D. Jagalah kesehatan
E. Peduli pada sesama

37 Verba yang ada pada teks di atas adalah …
A. kegiatan
B. terbuka
C. peralatan
D. mengoperasi
E. pekerjaan

38 Berdasarkan data sejarah, R.A. Kartini ikut dengan suaminya ke Rembang setelah menikah. ………………, api cita-citanya tidak padam. Beruntung Kartini memiliki suami yang mendukung cita-citanya. Berkat kegigihan serta dukungan sang suami, Kartini mendirikan Sekolah Wanita di berbagai daerah. Seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan sebagainya. Sekolah Wanita itu dikenal dengan nama Sekolah Kartini. http://www.dbiografi.com/2013/12/biografi-ra-kartini-pelopor-emansipasi-wanita-indonesia.

Konjungsi yang tepat untuk bagian yang rumpang di atas adalah …
A. Walaupun begitu
B. Selanjutnya
C. Selain itu
D. Meskipun itu
E. Oleh karena itu

39 Kartini pernah merasakan bangku sekolah hingga tamat pendidikan dasar. Karakternya yang haus akan ilmu pengetahuan membuatnya ingin terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. ………………., ayahnya tidak memberikan izin Kartini melanjutkan sekolah

Konjungsi yang tepat untuk bagian yang rumpang di atas adalah …
A. Karena
B. Sayangnya
C. Kalau
D. Dan
E. Bahkan

40 Bedah semacam ini melawan arus karena butuh peralatan yang lebih canggih dan mahal, namun harus dilakukan dalam operasi skala besar

Kalimat di atas adalah kalimap kompleks (majemuk). Salah satu cirri kalimat majemuk berdasar kalimat di atas adalah …
A. Kalimatnya panjang
B. Bermacam-macam jenis katanya
C. Ada pronominanya
D. Ada verbanya
E. Predikatnya lebih dari satu

41. Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen terdapat dalam ...
a. Abstrak
b. Orientasi
c. Komplikasi
d. Deskripsi umum

42. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahu karakter atau watak pelaku cerita dalam ...
a. Komplikasi
b. Abstrak
c. Orientasi
d. Evaluasi

43. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...
a. Pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca
b. Berbagai kerumitan bermunculan
c. Konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi
d. Konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian

44. Dalam teks cerpen, struktur yang bersifat opsional adalah ...
a. Abstrak dan evaluasi
b. Abstrak dan orientasi
c. Koda dan resolusi
d. Koda dan abstrak

45. Struktur teks cerpen adalah
a. Orientasi - insiden - interpretasi
b. Orientasi - komplikasi - resolusi - koda
c. Abstrak - orientasi - komplikasi - evaluasi - resolusi - koda
d. Abstrak - orientasi - komplikasi - resolusi - interpretasi

46. Ringkasan atau inti cerita pada cerpen terletak pada ...
a. Abstrak
b. Orientasi
c. Deskripsi umum
d. Evaluasi

47. Sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam ....
a. Orientasi
b. Latar
c. Abstrak
d. Komplikasi

48. Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur ...
a. Abstrak
b. Evaluasi
c. Resolusi
d. Koda

49. Perpaduan antara unsur-unsur yang membangun cerita sehingga merupakan kerangka utama cerita disebut dengan ...
a. Alur
b. Latar
c. Tokoh
d. Sudut pandang

50. Alur yang urutan peristiwa ceritanya tidak kronologis atau tidak berurutan disebut dengan ...
a. Alur progresif
b. Alur regresif
c. Alur campuran
d. Alur gabungan

51. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan saksama!
…….perencanaan gerakan hemat air dan sekaligus berarti berdisiplin dalam penggunaan air di Surabaya menjadi amat relevan. Disiplin dalam penggunaan air bersih harus dilihat sebagai semacam kesetiakawanan sosial. Sebab dengan kita berdisiplin menggunakan air bersih berarti memberikan peluang kepada anggota masyarakat lainnya yang selama ini kesulitan air untuk berkesempatan menikmati air bersih.

Pernyataan yang berupa pendapat penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah…
a. Sejumlah anggota masyarakat dengan semena-mena menggunakan air.
b. Kesulitan air yang menimpa sebagian besar penduduk hendaknya dapat ditarik maknanya.
c. PDAM harus terus berjuang keras untuk meningkatkan suplai air bersihnya.

d. Masyarakat harus berdisiplin dalam penggunaan air bersih karena hal ini dapat mencerminkan kestiakawanan sosial.

Perhatikan kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 52 – 56!

“Kang, kita harus benar-benar pergi dari sini?” Tanya Siti Halimah di sela tangisnya.
“Tentu saja. Seperkasa apa pun perlawanan kita, ternyata tetap kalah melawan yang berkuasa. Kita ini hanya wong cilik, orang iskin,” sahut Karjan sembari melihat rumah Lik Paijan yang siap diruntuhkan.
Teriakan Lik Paijan masuh terdengar menyayat hati. Lelaki tua itu merebut tali yang mengikat seekor sapi miliknya. Wajahnya memerah seperti nyaris terbakar, suaranya melengking-lengking menolak pengosongan rumahnya. Tetapi, pelawanan Lik Paijan pun percuma saja. Beberapa petugas berbadan tegap mengangkat tubuhnya. Melihat itu, tangis Siti Halimah semakin pecah. Dia mendekap Satriya Piningit lebih erat.
“Akhirnya kita harus pergi dari rumah kita sendiri, Kang. Pergi dari kampong yang membesarkan kita,” ucap Siti Halimah getir.
“Iya, mau tak mau kita harus mengalah. Gusti Allah tidak tidur, Bune. Di tempat lain, semoga kita mendapat ladang rezeki yang lebih baik lagi,” ujar Karjan.

52. Tema yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Sosial
B. Politik
C. Agama
D. Ekonomi
E. Pendidikan

53. Latar suasana yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Menakutkan
B. Mengenaskan
C. Mengharukan
D. Menegangkan
E.  Membingungkan

54. Sudut pandang dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….

A. Orang pertama tunggal
B. Orang pertama jamak
C. Orang ketiga tunggal
D. Orang ketiga jamak
E. Campuran

55. Watak tokoh Karjan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Mudah pasrah
B. Mudah mengalah
C. Mudah menangis
D. Mudah putus asa
E.  Mudah menyerah

56. Hubunan antarunsur intrinsic dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Latar tempat berkaitan dengan konflik
B. Latar sosial berkaitan dengan konflik
C. Tema berkaitan dengan watak tokoh
D. Tema berkaitan dengan latar suasana
E. Alur berkaitan dengan watak tokoh

57. Perhatikan kutipan cerpen berikut!

1) Kalau ada pertandingan dini hari, aku dan Ayah bahu-membahu untuk membangunkan. 2) Kami berdua beranak batanggang, atau tidak tidur sampai dini hari, duduk terpaku di depan TV Grundig 14 inci yang berkerai kayu tripleks, ditemani bergal-gelas kopi.
3) Di Stadion Ullevi Gothenburg, tim berambut pirang ini meledakkan gawang Belanda hanya dalam 5 menit pertama melalui tandukan Larsen: 1 – 0. 4) Aku mengepalkan tangan tinggi-tinggi di udara, “Yes!” teriakku. 5) Aku lirik Ayah, beliau menggeleng-geleng sambil mendeham.

Bukti latar tempat dalam kutipan novel tersebut ditunjukkan kalimat ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

58. Perhatikan kutipan cerpen berikut!

Kali ini, untuk menggarap batik pesanan lelaki itu, ia memilih saat malam buta di sebuah kamar berhias sarang laba-laba. Kamar penyimpan langut dan kemelut. Sebelumnya, hampir lima tahun pintu kamar itu dibiarkan terkatup serupa kabisuan mulut disumpal ujung selimut.

Makna kata langut dan kemelut dalam kutipan cerpen tersebut menyimbolkan ….
A. Kesedihan dan penyesalan
B. Kehilangan dan kesedihan
C. Kehampaan dan kesendirian
D. Kesedihan dan penderitaan
E. Kehampaan dan kesepian

59. Perhatikan kutipan cerpen berikut!

Setiap sore menjelang, bapak selalu duduk di bangku tua kesayangannya. Bangku yang terbuat dari bamboo itu telah menemani bapak melewati senja yang begitu indah. Duduk dengan tenang sembari melempar pandang ke luar jendela untuk menyaksikan betapa indah panorama yang senja sajikan. [ … .] Rasa lelah setelah seharian memeras keringat tampak memudar ketika ia duduk di bangku tua kesayangannya itu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks novel tersebut adalah …
A. Bapak memotret senja itu.
B. Bapak tertidur Karen alelah.
C. Bapak selalu menikmatinya.
D. Bapak dan ibu duduk berdua.
E. Bapak berharap kakak datang.

60.  Perhatikan kutipan cerpen berikut!

Setibanya pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, larasati segera memulai pembicaraan.
“sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan menggapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin saya bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan”,
“maksud ibu apa?”
“saya khawatir , keinginan bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatin terhadap diah. Dia anak yang lemah pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.”

Sifat tokoh larasati berdasarklan kutipan di atas adalah?
a. sabar dan penyayang
b. angkuh dan disiplin
c.  tegas dan pemberani
d. penuh perhatian dan tegas
e. penakut

61. Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen di atas memiliki sifat…..
a. pendendam
b. keras kepala dan mudah marah
c. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
d. ingin menang sendiri
e. baik hati

62.  Bagaimana gambaran karakter tokoh diah dalam cerpen di atas?
a. kuat menerima cobaan
b. gampang putus asa
c. lemah dan penuh penderitaan
d. trauma dalam menjalani kehidupanya
e. keras dan kuat

63.  Kedudukan tokoh Pak usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas adalah……
a. tokoh antagonis, tokoh penengah
b. tokoh protagonist, tokoh penengah
c. tokoh antagonis, tokoh protagonis
d. tokoh protagonis, tokoh protagonist
e. tokoh protagonist, tokoh penengah

64.  Bacalah penggalan cerpen berikut!

Kelihatan seorang kakek berjalan bersama cucunya seorang gadis belia yang cantik. Mereka duduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu meminta kakeknya menceritakan riwayat hidupnya, siapa sebenarnya kedua orang tuanya dan di mana mereka sekarang. Sang kakek terdiam sebentar, kemudian mulailah ia bercerita. “Delapan belas tahun yang lalu, seorang pemuda kota berjalan-jalan ke desa ini. Ia terpikat gadis cantik bunga desa ini, dan mereka pun menikah. Gadis cantik itu adalah putri kakek satu-satunya.

Latar tempat pada cerita di atas adalah...
a. di bawah pohon rindang.
b. di perkampungan.
c. di hutan rimba.
d. di jalan pedasaan.
e. di rumah singgah

65. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan cermat!

Dengan tergesa-gesa Ersa menaiki bus yang nyaris meninggalkan suasana yang kurang nyaman baginya. Dari kejauhan terdengan sayup suara “… penumpang bus Gemilang harap untuk segera memasuki kendaraan…”. Hati Ersa agak tenang karena dia sudah berada di dalamnya. “Mudah-mudahan sore nanti aku bisa berada di acara itu,” harapnya dalam hati.

Latar waktu dan tempat pada penggalan cerpen tersebut adalah …
a. sore hari, terminal
b. siang hari, perjalanan
c. siang hari, terminal
d. pagi hari, rumah
e. pagi hari, perjalanan

66.  Perhatiakan kutipan cerpen berikut!

“kita sebagai pendidik tidak boleh memandang masalah secara hitam-putih pak, diah itu telah banyak menanggung beban hidup, sudah selayaknya kita ikut mendampingi dan membantunya, bukan malah menambah bebannya.

Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen di atasa adalah…..
a. sebagai manusia harus saling tolong-menolong
b. seorang pendidik harus bisa membantu siswanya dalam mengatasi permasalahan hidup
c. Guru harus bersikap professional dalam mendidik muridnya
d. guru harus memiliki sikap kasih sayang dalam mendidik
e. sayang dalam mendidik

67.  Bacalah penggalan cerpendi bawah ini dengan cermat!

Meski termasuk anak yang pandai dan masuk kelas akselerasi, Romero tetap memilik banyak teman dan sahabat. Baginya teman adalah lingkungan yang dapat memberikan banyak inspirasi dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku sekolah. Di rumah ia juga bersikap baik pada tetangga. Ia ingat ketika orang tuannya berpesan, “Carilah teman dan sahabat sebanyak-banyaknya karena kita tidak bisa hidup sendiri. Suatu saat pasti kita membutuhkan orang lain.”

Unsur ekstrinsik penggalan cerpen tersebut adalah ….
a. budaya
b. ekonomi
c. pendidikan
d. estetika
e. social

68.  Bacalah cerita berikut dengan seksama

Kita lihat, dari pintu masuk sebuah ruangan di hotel berbintang empat itu, dia membelok ke arah kiri, dia memilih kursi paling samping dari deretan kursi paling belakang. Begitu dia duduk, sejumlah lelaki dekat kursi itu serempak kaasak-kusuk dalam gelap.

Latar tempat penggalan cerpen tersebut adalah...
a. Pintu masuk
b. Kursi paling belakang
c. Arah kiri
d. Kursi paling samping
e. Hotel bintang empat

69. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan saksama!

Perencanaan gerakan hemat air dan sekaligus berarti berdisiplin dalam penggunaan air di Surabaya menjadi amat relevan. Disiplin dalam penggunaan air bersih harus dilihat sebagai semacam kesetiakawanan sosial. Sebab dengan kita berdisiplin menggunakan air bersih berarti memberikan peluang kepada anggota masyarakat lainnya yang selama ini kesulitan air untuk berkesempatan menikmati air bersih.

Pernyataan yang berupa pendapat penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah…
a. Sejumlah anggota masyarakat dengan semena-mena menggunakan air.
b. Kesulitan air yang menimpa sebagian besar penduduk hendaknya dapat ditarik maknanya.
c. PDAM harus terus berjuang keras untuk meningkatkan suplai air bersihnya.
d. Sebaiknya penduduk menggunakan air sumur dengan memperhatikan peruntukannya.
e. Masyarakat harus berdisiplin dalam penggunaan air bersih karena  hal ini dapat mencerminkan kestiakawanan sosial.

70. Pengarang menuturkan cerita dirinya sendiri, dengan pelaku aku/orang pertama tunggal/jamak, berarti kedudukan pengarang dalam cerpen tersebut sebagai...
a. tokoh bawahan
b. tokoh pengamat
c. campuran
d. pendamping
e. tokoh utama

71. Bentuk alur sorot balik digunakan apabila pengarang bermaksud....
a. membayangkan cerita mendatang
b. mengemukakan khayalan-khayalan
c. menerangkan cerita yang sedang terjadi
d. menerangkan peristiwa masa lalu dengan ragaan
e. menerangkan peristiwa yang benar-benar terjadi

72. Pengarang sebagai orang yang berada di luar cerita dan tidak terlibat dalam cerita, dengan menggunakan pelaku utama ia/dia. Kedudukan pengarang dalam cerita tersebut sebagai....
a. tokoh utama
b. tokoh bawahan
c. tokoh figuran
d. tokoh protagonist
e. pengamat

73. Dalam cerpen tokoh-tokohnya dilukiskan mengalami konfliks sampai pada....
a. Penyelesaian
b. perubahan nasib
c. meninggal
d. klimaks
e. perumitan

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 74 s.d.75!

Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”

74. Bukti bahwa peristiwa tersebut terjadi pada malam hari adalah ....
a. kalimat pertama pada paragraf pertama
b. Kalimat kedua pada paragraph pertama
c. Kalimat ketiga pada paragraf kedua.
d. Kalimat keempat pada paragraf kedua
e. Kalimat terakhir paragraf pertama.

75. Amanat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah ...
a. Jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
b. Usahakan selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
c. Temanilah ibumu saat duduk-duduk di beranda!
d. Matikan lampu jika sudah tidak diperlukan!
e. Benar semua

Boleh jadi, itu sikap angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu, Mulan Jamila).

76. Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .…
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (2) dan (4)

Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.

77. Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong dapat diketahui melalui ….
a. Tingkah laku tokoh kamu
b. Tingkah laku tokoh aku
c. Dialog tokoh kamu
d. Dialog tokoh aku
e. Ekspresi tokoh aku

Parjimin adalah tukang batu, tetangga Kurdi. Lumayan bagi mereka, mendapat proyek baru. Rupanya, proyek rumah gedong itulah yang selalu diperbincangkan Kurdi disetiap kesempatan. Di tempat perhelatan nikah, supitan, di tempat kerja bakti, sarasehan kampung, sampai ronda malam. Dia senantiasa tidak lupa menceritakan rencananya membangun rumah gedungnya itu.

78. Berdasarkan kutipan cerpen tersebut, Kurdi bersifat …
a. pemberani
b. baik
c. egois
d. sombong
e. baik hati

Bacalah dengan saksama!

Di Kantor Pos
Oleh: Muhammad Ali

“Tadi agaknya telah terjadi suatu kekeliruan ketika Nona membayarkan uang pos wesel kepada saya, sebab ….”
“Mana bias keliru?” si pegawai menyela dengan cepat.
“Seharusnya saya terima tiga ratus rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah angka yang tertulis dalam pos wesel saya.”
“Coba saya liat dulu, Saya masih ingat nomor pos wesel Saudara.”
Si pegawai lalu memeriksa salah satu lajur dalam daftar yang terkembang di hadapannya, kemudian katanya,”Nah ini, wesel nomor satu empat tujuh dengan tanda C. Jumlah uang tiga ratus rupiah. Apa yang keliru? Bukankah tadi Saudara terima dari saya tiga ratus rupiah?”
“Tidak,”jawab laki-laki itu. “Nona tadi memberikan kepada saya bukan tiga lembar kertas ratusan, tapi empat lembar. Jadi, empat ratus rupiah yang saya terima tadi.”
“Oh, kalau begitu saya keliru. Benar-benar keliru,” kata si pegawai akhirnya dengan kemalu-maluan.
“Maklum banyak kerja. Lagi pula lembaran-lembaran uang itu masih baru hingga mudah saja terlengket karenanya. Jadi, Saudara mau kembalikan uang yang seratus rupiah kepada saya, sekarang?”
“Betul, Saya akan mengembalikannya kepada Nyonya ….”
“Nona!” sela si pegawai cepat.

79. Sudut pandang yang digunakan pengarang pada kutipan cerpen tersebut adalah …
a. Orang ketiga sebagai pengamat
b. Orang pertama tokoh utama
c. Orang campuran
d. Orang ketiga manatahu
e. Orang kedua


80. Dalam teks cerpen, struktur yang bersifat opsional adalah ...
a. abstrak dan evaluasi
b. abstrak dan orientasi
c. koda dan resolusi
d. koda dan abstrak
e. evaluasi dan koda

 

81.   Pagi itu indah sekali di Puncak Pas.Matahari bersinar cerah menimpa pohon-pohon cemara yang kelihatan hijau. Sepanjang mata memandang , tampak kebun teh yang hijau segar.  Langit sangat bersih dan berwarna biru cerah, menjadi pemandangan yang sungguh indah.
Pembuka cerpen di atas berisi tentang ….
a. Latar                        
b.tema                    
c. alur        
d. penokohan

82.  Darko memiliki pembawaan sikap yang ramah, tidak mengherankan jika orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya. Dia suka pula menceritakan kisah lucu di sela pijatannya. Dia juga tulus dalam melayani pelanggannya. Meskipun begitu, kami tetap tidak tahu asal usulnya dengan jelas. Jika kami menanyakan hal  itu, dia selalu mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung.
Berikut yang bukan karakter Darko adalah ….
a. ramah                              
b. supel                                       
c. iklas                          
d.rajin

83.  Kami tiba di terminal. “Lebih baik Om naik Indah Murni saja,” kataku. Bus ini lewat jalan tol, paling-paling cuma setengah jam ke Cililitan.
Kutipan cerpen di atas menggambarkan latar tempat di ….
a. Cililitan
b. bus Indah Murni
c. terminal        
d. jalan tol

84.  Penulisan kalimat langsung yang benar dalam penulisan cerpen adalah …
a.    “Teman Ibu,ya? tanya Ita kepada  ibunya.”
b.    “Teman Ibu, ya?” Tanya Ita kepada Ibunya.
c.    “Teman Ibu, ya?” tanya Ita kepada ibunya.
d. “Teman ibu,ya?” tanya Ita kepada ibunya.

85.  Berikut ini merupakan prinsip untuk bisa menulis cerpen adalah ….
a.    tulis sekarang ,jangan takut gagal, jangan menyerah           
b.   mencontoh dulu, jangan menyerah, mencoba             
c.    lihat, amati, mencoba-coba
d.   tulis sekarang, perbaiki, rapikan

86.  Upik masih saja cemberut dari kemarin karena tidak tidak dibelikan kue stroberi  di toko dekat rumahnya. Walau ibunya sudah menasihati, Upik tetap saja merengek-rengek kepada ibunya. Ibunya tahu bahwa Upik tidak suka makanan yang manis masam seperti kue stroberi yang dimintanya.
Penggalan cerpen tersebut berisi tentang ….
a. Setting             
b. tema                        
c. alur           
d. penokohan

87.  Walaupun Nina sudah memarahinya, namun adiknya itu tetap tidak peduli. Tetap saja malas Panji menggunakan seragamnya ketika pulang sekolah.
Yang perlu direvisi pada penggalan cerpen di atas adalah ….
a. pilihan kata                  
b. ejaanya  
c. struktur kalimatnya   
d. penggunaan majasnya

88.  Walau tak mampu, aku berjuang sampai titik darah penghabisan untuk bisa meraih cita-cita.
Kalimat tersebut menggunakan majas/gaya bahasa ….
a. repetisi            
b. litotes     
c.hiperbola                      
d. metafora

89.  Setelah lama bersama dengan dia, aku sadar kalau dia tergolong anak yang egois. Dia telah berubah. Dia benar-benar berubah. Dulu dia baik, tetapi sekarang mulai terlihat sifat buruknya.
Penggalan cerpen tersebut menggunakan majas/gaya bahasa ….
a. personifikasi               
b. litotes     
c. repetisi          
d. hiperbol

90. Aku mempunyai seorang teman di kelasku yang baru. Pertama-tama dia mulai mendekatiku. Aku sangat senang mempunyai seorang teman baru. Dia sangat pintar. Selain itu dia juga lucu dan enak diajak bicara. Sejak saat itu dia selalu bersama-sama denganku di mana saja, bagai sampul lengket dengan prangko.
Penggalan cerpen tersebut mengandung majas/gaya bahasa ….
a.  repetisi                        
b. simile             
c. hiperbola             
d. litotes

 

Teras Belajar Bahasa: Latihan Soal Materi Teks Eksposisi Kelas 8 Beserta...

Teras Belajar Bahasa: Latihan Soal Materi Teks Eksposisi Kelas 8 Beserta...:   Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D! 1. Ini merupakan bagian akhir dari seb...

Latihan Soal Materi Karya Ilmiah dan Pembahasannya

 Soal materi karya ilmiah

Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!

1. Karya tulis yang menyajikan fakta umum dan tulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar dengan memperhatikan ciri-ciri dan syarat yang telah ditentukan disebut:
a. Proposal Penelitian
b. Skripsi
c. Disertasi
d. Tesis
e. Karya ilmiah

2. Dalam sebuah karya tulis yang sifatnya objektif, sistematis, cermat, tepat benar, tidak persuasif, tidak argumentatif, tidak emotif, tidak mengejar keuntungan sendiri dan tidak melebih-lebihkan sesuatu adalah ciri dari:
a. Tesis
b. Skripsi
c. Disertasi
d. Karya ilmiah
d. Usulan penelitian

3. Karya tulis yang membahas suatu topik tertentu yang mencakup ruang lingkung perkulihan, seminar, symposium yang terdiri dari judul tulisan, abstraksi, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustakan disebut:
a. Karya ilmiah
b. Usulan penelitian
c. Makalah (report reading/book report)
d. Kuliah Kerja Praktek (KKP)
e. Proposan penelitian

4. Dalam sebuah karya tulis ilmiah selain mementingkan metodologi penulisan, syarat-syarat dari sebuah karya ilmiah penulisan juga harus menemukan paradigma baru tentang suatu ilmu, karya tulis demikian disebut:
a. Tesis
b. Disertasi
c. Karya ilmiah
d. Simposium
e. Usulan penelitian

5. Dalam suatu rencana kerja yang dituangkan dalam bentuk rancangan, proposal yang memuat judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjuan pustaka, hipotesis, metode penelitian, jadwal kegiatan, sistematika penulisan dan daftar pustaka disebut:
a. Usulan penelitian
b. Makalah
c. Disertasi
d. Hasil observasi
e. Proposal tesis

6. Dalam sebuah tulisan yang mementingkan sifat objektif, sopan rendah hati, jujur, jelas, tegas singkat, sederhana, teliti, kompak, kontinyu dan lancar adalah syarat-syarat dari tulisan:
a. Karya ilmiah
b. Usulan penelitian
c. Tesis
d. Disertasi
e. Skripsi

7. Tema karya tulis :    Perlindungan terhadap perokok pasif
Latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah

A. Kita sering berolah raga sehingga badan segar.

B. Perokok harus dilindungi karena meningkatkan pendapatan negara.

C. Perokok aktif juga berdampak terhadap lingkungan.

D. Pencemaran udara banyak yang disebabkan oleh perokok disembarang tempat
E. Banyak perokok tidak menyadari dampak asap rokok terhadap orang di sekitarnya


8. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat pembatasan masalah dalam karya ilmiah adalah ….

A. Alasan penulis membahas kemasan karton minuman karena kemasan karton lebih rapuh daripada kemasan kaleng atau kemasan botol.
B. Mengingat terbatasnya pengetahuan penulis, penulis membatasi penelitian ini pada uji total asam karena banyak produk minuman kemasan karton kelompok sari buah berasa asam.
C. Kemasan karton cukup tipis, murah, tetapi tidak tahan terhadap tekanan, memungkinkan udara masuk dan bakteri aerob dapat hidup.
D. Alasan penulis membahas kemasan karton minuman karena produk minuman kemasan karton banyak beredar di pasaran.
E. Dalam minuman kemasan karton terdapat zat-zat potongan yakni bakteri penyebab penyakit perut (coliform)

9. Memiliki kemampuan berbicara tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Banyak ahli terampil menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan namun sering mereka kurang terampil menyajikannya secara lisan (langsung). Oleh sebab itulah perlu kiranya diadakan lomba diskusi panel untuk tingkat SMU se-DKI ini. Sebagai wadah bagi siswa berlatih berbicara dan mengeluarkan pendapat ....
Penggalan proposal kegiatan di atas merupakan unsur proposal bagian ........
A. Pendahuluan
B. Sasaran
C. Tema
D. dasar pemikiran
E. perkiraan anggaran

10.  Cermati topik karya tulis berikut!
Topik : Perbaikan mental remaja
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik
tersebut adalah ….
A. Remaja banyak sekali memerlukan perhatian orang di sekitarnya.
B. Banyak orang tua yang tidak memahami tabiat anak remaja.
C. Remaja adalah kelompok anak-anak yang beranjak ke usia pancaroba.
D. Dewasa ini banyak remaja rusak mentalnya disebabkan berbagai faktor.
E. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mental remaja

11. Cermati topik berikut!
Topik : Pelestarian tanaman obat dalam masyarakat Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
A. Apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan tanaman obat dalam masyarakat?
B. Siapa yang terlibat untuk melestarikan tanaman obat dalam masyarakat?
C. Mengapa perlu mengenal berbagai jenis tanaman obat dalam masyarakat?
D. Upaya apa sajakah untuk menyadarkan masyarakat dalam pelestarian?
E.  Sejauh manakah kepedulian masyarakat terhadap tanaman obat?

12.  Cermatilah data buku di bawah ini!
Judul buku             : Bung Karno Maestro Monte Carlo
Pengarang : Agus Setiyanto
Tempat dan tahun terbit buku : Yogyakarta 2006
Nama penerbit                   : Ombak
Nomor halaman yang dikutip : 87
Penulisan catatan kaki yang tepat untuk kutipan berdasarkan data di atas adalah
A. Setiyanto, Agus. 2006. Bung Karno Maestro Monte Carlo. Yogyakarta: Ombak. him. 87.
B. Agus Setiyanto, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Yogyakarta: Ombak, 2006), hlm.87.
C. Agus Setiyanto, 2006, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Yogyakarta: Ombak), him. 87
D. Setiyanto, Agus, Bung Karno Maestro Monte Carlo, Yogyakarta: Ombak, 2006. him. 87.
E. Agus Setiyanto, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Ombak: Yogyakarta, 2006), him. 87.

13. Penulisan kutipan dari sumber tertulis yang benar adalah ........
A. Pertama, komposisi program studi di kampus tidak sesuai dengan variasi kebutuhan.tenaga kerja di lapangan. Kedua, terjadi degradasi mutu lulusan.
B. Oleh karena itu, bekerja tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, baik secara fisik maupun psikologis.
C. Argumentasi itu tidak lain daripada usaha untuk mengajukan bukti-bukti atau menentukan kemungkinan-kemungkinan untuk menyatakan sikap atau pendapat mengenai suatu hal (Keraf, 1989: 3).
D. Keraf (Komposisi: 1989 hal 3) menjelaskan bahwa argumentasi adalah suatu retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain.
E. Yaitu alur, penokohan, bahasa, dan simbol-simbol yang dipakai oleh pengarang (Imam Syafe'ie dan A. Syukur Ghazali, 1995 hal. 10).

14. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah ........
A. R.A. Kartini. 1987. Habis Gelap terbitlah Terang. Jakarta: balai Pustaka.
B. Keraf, Gorrys. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya.
C. Gorrys, Keraf. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya
D. Kridalaksana, Harimukti dan Kentjano, Joko, Seminar Bahasa Indonesia 1968, Ende Flores: Nusa Indah, 1971
E.  Rosidi, Ayip, 1977. Laut Biru Langit Biru, Pustaka Jaya, jakarta

15.  Maksud kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk:
1. Mempererat hubungan antarsiswa di SMU ini.
2. Memacu kreativitas dalam bidang fotografi.
3. Membentuk kegiatan remaja yang positif.
Bagian proposal di atas termasuk ........
A . latar belakang
B . dasar pemikiran
C . tujuan
D . kepanitiaan
E . anggaran

16.  Perhatikan topik-topik berikut!
1. otonomi daerah
2. kearifan lokal
3. pengelolaan wisata
Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan topik-topik karya tulis tersebut adalah ….
A. Kearifan lokal akan meningkatkan kualitas otonomi daerah dan pengelola wisata.
B. Pengelolaan pariwisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial.
C. Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh.
D. Pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan local, di antaranya dalam mengelola wisata.
E. Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan pariwisata.

17.  SMK Harapan Persada akan mengadakan lomba baca puisi antarSMA se-DKI Jakarta. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka Bulan Bahasa tahun 2013.
Tujuan yang tidak sesuai dengan proposal tersebut adalah……
A. Meningkatkan minat baca siswa terhadap karya sastra puisi
B. Ajang mencari bibit-bibit baru yang berbakat dalam membaca puisi
C. Untuk menyambut bulan bahasa
D. Untuk melahirkan penyair-penyair muda
E. Meningkatkan prestasi sekolah

18. Kalimat permintaan saran yang tepat dalam kata pengantar karya tulis adalah ……
A. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.
B. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt.
C. Terima kasih atas segala bantuan dari Bapak/Ibu.
D. Semua kritik dan saran saudara kami tampung.
E. Penulis mohon kritik yang membangun untuk perbaikan karya tulis ini.

19. Penulis mengakui bahwa masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan menerima segala kritikan dari semua pihak. Penulis mengucapkan terima kasih atas krtik dan saran yang diberikan.
Kutipan tersebut merupakan bagian karya tulis yang terdapat pada …….
A. Pendahuluan
B. Kata pengantar
C. Kesimpulan
D. Isi karya tulis
E. Latar belakang

20. Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpengaruh oleh buku ini. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak menarik, sebab novel ini serius dan tidak cukup menarik.
Unsur yang dominan dalam penggalan resensi di atas adalah…….
A. Kelemahan
B. Kelebihan
C. Kelemahan dan kelebihan
D. Novel tersebut tidak menarik bagi remaja
E.  Novel tersebut tidak bersifat menghibur

21. Hal yang perlu dicantumkan dalam bab pendahuluan sebuah karya tulis adalah….
a. perumusan masalah
b. daftar isi
c. daftar grafik/tabel
d. lembar pengesahan
e. kata penghantar

22. Berikut ini deretan kata yang tidak layak digunakan dalam karya tulis ilmiah, kecuali….
a. merobah – nabung
b. ketawa – bikin
c. ngetik – nulis
d. utang – dipersilahkan
e. pihak – disahkan

23. 1) Latarbelakang
2) Pendahuluan
3) Kesimpulan
4) Tujuan
5) Pembahasan

Sistematika yang tepat unsur-unsur karya tulis di atas adalah….
a. 1, 2, 3, 4, dan 5
b. 2, 3, 4, 5, dan 1
c. 3, 4, 5, 1, dan 2
d. 2, 1, 4, 5, dan 3
e. 1, 3, 5, 2, dan 4

24. Unsur berikut yang tidak terdapat pada kata pengantar adalah….
a. alasan pemilihan judul
b. ucapan terimakasih
c. penjelasan maksud penulisan
d. ucapan syukur kepada Tuhan
e. harapan penulis karangan

25. Hal-hal yang tidak perlu ditulis dalam penulisan daftar pustaka adalah….
a. nama pengarang
b. halaman buku
c. judul buku
d. nama penerbit
e. tahun penerbit

26. Perhatikan unsur karya tulis berikut!
1) Latar belakang
2) pendahuluan
3) kesimpulan
4) pembahasan
5) penutup
Sistematika yang tepat dari unsur-unsur karya tulis di atas adalah...
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 2, 3, 4, 5, 1
c. 3, 4, 5, 1, 2
d. 1, 3, 5, 4, 2
e. 2, 1, 4, 5, 3

27. Hal-hal yang merupakan pendahuluan dalam karya ilmiah adalah sebagai berikut, kecuali...

a. latar belakang permasalahan
b. tujuan penulisan
c. kesimpulan penulisan
d. sistematika penulisan
e. metode penulisan

28. Perhatikan data daftar pustaka berikut!
1) judul buku
2) penerbit
3) pengarang
4) kota terbit
5) tahun terbit
Penulisan daftar pustaka yang tepat yaitu denga urutan nomor....
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 3, 1, 2, 4, 5
c. 3, 5, 1, 4, 2
d. 1, 3, 4, 2, 5
e. 1, 3, 5, 4, 2

29. Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah....
a. Tujuan daripada penulisan ini adalah sebagai berikut.....
b. Karena itu tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut....
c. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut....
d. Di muka telah dikemukakan latar belakang permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut....
e. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut

30. Akhir-akhir ini masalah limbah menjadi topik utama di media cetak maupun media elektronik. Akibat kemajuan bidang industri dan teknologi, maka limbah pun mulai menjadi masalah.
Paragraf di atas merupakan bagian pendahuluan pada karya tulis yaitu....
a. kegunaan penelitian
b. manfaat penulisan
c. tujuan penulisan
d. latar belakang masalah
e. sistematika

31. Dengan membaca kartu katalog, kita dapat mengetahui dengan cepat di mana buku itu berada, karena....
a. menghemat tenaga
b. menghemat waktu
c. dalam kartu katalog dituliskan nomor klasifikasi buku yang dicari
d. kita tidak perlu menghafal buku satu persatu
e. kita tidak perlu membuka buku satu persatu

32. Klasifikasi buku yang ditemukan Djhon Dewey disebut DDC, kepanjangannya adalah...
a. Dewey Decimal Clasification
b. Decimal Dewey Clasification
c. Clasification Dewey Decimal
d. Clasification Decimal Dewey
e. Dewey Clasification Decimal

33. Pernyataaan berikut merupakan informasi yang dapat ditemukan melalui kartu katalog, kecuali....
a. nama pengarang
b. judul buku
c. jumlah buku
d. edisi
e. data publikasi

34. Bagian pertama yang dicantumkan pada format ringkasan isi buku nonfiksi adalah....
a. jumlah bab
b. ringkasan isi
c. komentar
d. identitas buku
e. judul buku

35. Pernyataan berikut merupakan ciri karya tulis ilmiah, kecuali....
a. menggunakan pola pikir ilmiah
b. disusun secara sistematis
c. berdasarkan fakta hasil pengamatan
d. bersifat subjektif
e. menggunakan bahasa Indonesia ilmiah

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
36. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa

37. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup

38. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan
tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran

39. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal,
dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks.
Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika

40. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak
memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang
merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian

41. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya
bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal

42. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis
karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya
semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran

43. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis

44. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk
judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan

45. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah …

a. sistematika tulisan

b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang

46. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan

47. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama

48. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi

49. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi

50. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan

51. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?

52. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian

53. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan-
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan

54. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata

55. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi

56. Dalam sebuah karya tulis dimana karangan/tulisan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menurut metodologi penulisan yang benar dengan syarat fakta yang disimpulkan subjektif, mementingkan diri penulis,melebih-lebihkan sesuatu dan bersifat persuasif di disebut :
a. Karya Ilmiah Biasa                    d. Karya Ilmiah (Editorial)
b. Karya ilmiah Populer                e. Karya ilmiah (Resensi buku).
c. Karya Non-Ilmiah

57. Dalam karya tulis ilmiah (semi ilmiah) seperti artikel, editorial, opini, tips dan resensi buku disebut karya tulis
a. Karya non ilmiah     d. Karya tulis disertasi
b. Karya ilmiah            e. Karya tulis tesis
c. Karya ilmiah populer

58. Dalam kalimat sering kali kita sulit untuk mengungkapkan kata demi kata baik dalam penulisan makalah ataupun dalam bicara, pilihan kata yang tepat dalam mengungkapkan apa yang ingin disampaikan disebut :
a. Kata Baku                                   d. Kata tidak baku
b. Kalimat introgatif                       
e. Diksi
c. Kalimat deklaratif

59. Seperangkat aturan dan kaidah yang mengatur cara melambangkan bunyi, cara memisahkan atau menggabungkan kata dan cara menggunakan tanda baca disebut :
a. Paragraf                                       d. Alenia
b. Ejaan                                            e. Kata Ganti
c. Pengait paragraf

60. Dalam sebuah kalimat terdapat ciri yang khas yakni kehematan kata, kecermatan penalaran, kesejajaran atau keparalelan, keharmonisan dan kelogisan disebut kalimat :
a. Kalimat deklaratif                       d. Kalimat majemuk
b. Kalimat aktif                                e. Kalimat argumentatif
c. Kalimat pasif   
   
61. Kesamaan bentuk kata yang digunakan dalam kalimat agar kalimat yang dibuat rapi dan bermakna disebut :
a. Keharmonisan kata                   d. Keseimbangan kata
b. Keparalelan/kesejajaran           e. Kehematan kata
c. Kesatuan dan kepaduan

62. Keseimbangan antara pikiran atau gagasan dan struktur bahasa yang dipakai, setiap kalimat yang dibuat harus mempunyai kejelasan unsur-unsur gramatikal seperti subjek, pridkat, objek, pelengkap dan keterangan disebut :
a. Kesejajaran                                 d. Kehematan kata
b. Keharmonisan                           e. Kesantuan kata
c. Kesatuan dan kepaduan

63. Dalam surat lamaran kerja, untuk memunculkan daya tarik, kemaslah surat lamaran kerja dengan sampul surat yang eksklusif berbeda dengan yang lain disebut :
a. Action                                           d. Attention
b. Santun/Logis                              e. Dinamis-Terbuka
c. Attraction

64. Kemukakan dalam surat lamaran kerja bagaimana cara mendapatkan informasi lowongan kerja dan apa alasan ketertarikan pada posisi tersebut yakinkan bahwa Anda memiliki sesuatu yang bermanfaat disebut ;
a. Attraction                                     d. Keharmonisan surat
b. Action                                           e. Kesantunan surat
c. Attention

65. Melalui prinsif-prinsif surat lamaran kerja yang Anda lakukan dalam membuat surat lamaran kerja sehingga penerima lamaran kerja dapat menindaklanjuti dan memutuskan sesuatu. Kemukakan harapan kepada perusahaan agar dapat memberikan kesempatan wawancara kerja kepada Anda disebut :
a. Attraction                      c. Attention
b. Kesantunan surat          d. Kelogisan Surat              
 e. Action

66. Dalam pengorganisasion surat lamaran kerja diawali dengan kualifikasi yang dimiliki dan yang paling sesuai dengan jabatan yang diinginkan dalam kalimat tersebut disebutkan nama dan sumber publikasi, surat kabar, majalah dll terdapat pada :
a. Struktur paragraf                        
d. Paragraf pembuka
b. Paragraf induktif                        e. Paragraf penutup
c. Paragraf penghubung

67. Dalam surat lamaran kerja dibagian ini Anda dapat mempromosikan diri, perkenalkan diri anda dan tunjukan latar belakang pendidikan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan dalam hal ini kalimat tersebut terdapat pada :
a. Paragraf pembuka                     
d. Paragraf Isi
b. Paragraf deduktif                       e. Paragraf penutup
c. Paragraf penghubung

68. Laporan perincian kualifikasi pelamar, kemukakan point-point penting tentang kemampuan mulai dari tujuan karier, informasi pribadi, pendidikan, penguasaan bahasa asing, prestasi dan referensi terdapat dalam :
a. Paragraf pembuka                     d. Paragraf deduktif
b. Paragraf isi                                
e. Resume (curriculum vitae)
c. Paragraf penghubung

69. Dalam sebuah tulisan skripsi atau tesis terdapat kutipan yang berisi penggunaan teori, konsep, ide dan lainnya yang sejenis yang berasal dari sumber lain, baik langsung maupun tidak langsung disebut:
a. Attention                                      d. Attraction
b. Action                                          
e. Innote
c. Footnote

70. Catatan yang dipergunakan sebagai pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan tertulis yang tercantum di dalam teks atau sebagai petunjuk sumber didalam tulisan tempat pernyataan penghargaan atas karya atau data yang diterima dari orang lain dalam karya ilmiah disebut :
a. Attraction                                     d. Innote
b. Attention                                      
e. Footnote
c. Action

71. Apabila dalam sebuah karya ilmiah terdapat tulisan teks yang diambil dari salah satu sumber bacaan ditulis sama persis dengan sumber aslinya baik bahasa maupun ejaannya dinamakan ?
a. Catatan kaki                                d. Rujukan penulis
b. Catatan teks                                
e. Kutipan langsung
c. Kutipan tidak langsung

72. Dalam sebuah tulisan karya ilmiah apabila sumber teks diambil tidak sama persis dengan aslinya penulis hanya mengambil pokok pikiran dari sumber yang dikutip untuk dinyatakan kembali dengan kalimat yang disusun oleh penulis disebut :
a. Catatan resmi                             d. Footnote
b. Innote                                         
e. Kutipan tidak langsung
c. Kutipan langsung

73. Ketika kita menulis karya ilmiah, dengan tujuan memperkuat pendapat kita tentunya kita akan mencari pendapat-pendapat para ahli yang sesuai dengan bidang kajian untuk dijadikan bahan referensi dari berbagai sumber bacaan, baik berupa buku, majalah, surat kabar maupun jurnal-jurnal ilmiah lainnya reference tersebut dikumpulkan disuatu tempat disebut :
a. Daftar pustaka                            d. Kutipan teks
b. Reference Matter                       e. Kutipan langsung
c. Catatan kaki

74. Tema : Kurangnya minat baca di kalangan siswa
Latar belakang yang sesuai dengan tema berikut adalah ..
a. Sekarang ini banyak siswa yang malas belajar.
b. Untuk itu kita harus mendorong siswa untuk rajin membaca.
c. Selama ini memang kita ketahui siswa malas membaca.
d. Mari kita ajak siswa untuk rajin membaca.
e. Akhir-akhir ini kita ketahui kurangnya minat baca siswa

75. Identifikasi masalah:
1. Apakah limbah kemasan plastik dapat dimanfaatkan?
2.  Bagaimana pengelolaan limbah kemasan plastik  menjadi bermanfaat?
Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah ...
a. Limbah kemasan plastik selama ini menjadi masalah. Limbah plastik itu ternyata dapat menjadi sumber tambahan pendapatan bagi keluarga. Limbah plastik dapat bermanfaat jika dikelola dengan cara daur ulang.
b. Limbah plastik yang diolah dengan baik dapat menambah pendapatan bagi keluarga. Oleh sebab itu, mari kita manfaatkan supaya memberi keuntungan bagi kehidupan masyarakat yang semakin sulit.
c. Plastik selama ini memang menjadi masalah karena tidak bisa berurai dengan tanah seperti halnya sampah daun dan sampah makanan. Limbah kemasan plastik ini selamanya akan tetap menjadi masalah bagi kita.
d. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata limbah kemasan plastik dapat menambah pendapatan keluarga. Limbah plastik yang bermasalah akhirnya dapat dicarikan solusinya. Mari kita mulai memanfaatkan limbah kemasan plastik.

76. Judul karya tulis: menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
Penulisan Judul makalah yang tepat adalah ...
a. Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
b. Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
c. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan diri
d. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
e. Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri

77. Kalimat permintaan saran yang tepat dalam kata pengantar karya tulis adalah …
a. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak
b. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT.
c. Terima kasih atas segala bantuan dari Bapak/Ibu.
d. Semua kritik dan saran Saudara kami tampung.
e. Penulis mohon kritik yang membangun untuk perbaikan karya tulis ini.

78. Seorang siswa membuat sebuah karya tulis bertemakan "Pantun."
Rumusan latar belakang berikut ini yang tidak sesuai dengan tema karya tulis tersebut adalah...
a. Banyak ditemukan bentuk-bentuk pantun yang tidak memenuhi aturan yang berlaku.
b. Pantun sekarang tidak lagi dikenal masyarakat, terutama kaum muda.
c. Acara "Berbalas Pantun" di televisi ternyata peminatnya sangat banyak.
d. Banyak dijumpai pantun baru hasil ciptaan para remaja yang menarik
e. Banyak lagu-lagu yang syairnya ternyata berbentuk pantun.

79. Perhatikan kesimpulan karya tulis berikut!
Berdasarkan uraian-uraian tersebut, jelaslah bahwa minat dan apresiasi sastra siswa SMA terhadap puisi cukup tinggi.
Kalimat saran yang sesuai dengan kesimpulan isi karya tulis tersebut adalah ...
a. Hendaknya sekolah-sekolah mengundang para penyair untuk membacakan puisi-puisinya.
b. Hendaknya pemerintah menyediakan gedung khusus pengembangan sastra.
c. Hendaknya siswa SMA mengumpulkan bermacam- macam puisi dan membukukannya.
d. Hendaknya lomba baca puisi dapat dijadikan kegiatan intrakurikuler dalam kurikulum sekolah.
e. Hendaknya minat dan apresiasi puisi yang telah dimiliki siswa lebih dikembangkan lagi.

Untuk soal no.80-82, perhatikan keterangan berikut ini!

Lina mengutip pendapat pada sebuah buku yang berjudul Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah karya Fransisca Wungu Prasasti yang diterbitkan oleh percetakan Gramedia di Jakarta pada tahun 2008. Pendapat yang dikutip oleh Lina terdapat pada halaman 19 dan berbunyi sebagai berikut. “Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air.”

80. Lina hendak memasukkan kutipan tersebut ke dalam karya tulis yang dibuatnya, penulisan kutipan langsung yang paling tepat adalah…
a. Menurut Fransisca (2008:19), tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air.
b. Menurut Prasasti (2008:19), tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air.
c. Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air (Prasasti, 2008:19)..
d. “Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air” (Fransisca, 2008:19).
e. “Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air” (Prasasti, 2008:19).

81. Athaya berkeinginan untuk mencantumkan identitas buku yang ia kutip dalam catatan kaki, penulisn catatan kaki yang benar adalah…
a. 1 Fransisca Wungu Prasasti, “Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah” (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
b. 1 Fransisca Wungu Prasasti, Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
c. 1 Fransisca Wungu Prasasti, Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
d. 1 Prasasti, Wungu Fransiska, Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.
e. 1 Prasasti, Wungu Fransiska, Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah (Jakarta:Gramedia, 2008), hlm.19.

82. Bila Pipit hendak mencantumkan identitas buku tempat ia mengutip pada daftar pustaka, penulisan daftar pustaka yang benar adalah…
a. Fransisca Wungu Prasasti. 2008. Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah. Jakarta: Gramedia.
b. Fransisca Wungu Prasasti. 2008. Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah. Jakarta: Gramedia.
c. Prasasti, Fransisca Wungu. 2008. Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah. Jakarta: Gramedia.
d. Prasasti, Fransisca Wungu. 2008. Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah. Jakarta: Gramedia.
e. Prasasti, Fransisca Wungu. 2008. “Sayuran Hidroponik di Halaman Rumah.” Jakarta: Gramedia.